“811 Show”: Potensi Ekonomi & Lingkungan Tour De Singkarak /TdS 2013

Shooting TV

Pada tanggal 22 Mei 2013, acara talkshow ternama “811 SHOW” di Metro TV mengangkat topik yang menarik mengenai Potensi Ekonomi  & Lingkungan Tour De Singkarak /TdS 2013. Dalam acara tersebut, dihadirkan tiga orang narasumber, yaitu Executive Chairman TDS 2013 Bapak Sapta Nirwandar, Gubernur Sumatra Barat, Bapak Irwan Prayitno dan Vice President Corporate Community Responsibility Ibu Nancy Martasuta.

Dalam talkshow tersebut, Bapak Sapta Nirwandar dan Bapak Irwan Prayitno menyampaikan bahwa perhelatan kompetisi balap sepeda internasional Tour de Singkarak, tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima, setelah meraih keberhasilan yang cukup gemilang di tahun-tahun pelaksanaan sebelumnya. Pelaksanaan TDS sebagai ajang lomba balap sepeda internasional yang sudah menjadi agenda resmi tahunan Organisasi Balap Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale) merupakan kerjasama dengan Pemerintah Daerah, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Konsep kegiatan TDS sebagai perpaduan antara promosi pariwisata dan olahraga prestasi dalam bentuk lomba balap sepeda internasional terbukti telah menunjukkan hasil optimal. Pariwisata Sumatera Barat sudah semakin berkembang dan dikunjungi wisatawan. Event TDS telah memperoleh sambutan hangat dari dalam dan luar negeri. Dari sisi penyelenggaraan TDS semakin tahun semakin profesional, baik dari sisi peserta, keterlibatan negara dan dukungan daerah serta sponsor semakin meningkat.

Melalui event olahraga internasional, Bapak Irwan Prayitno juga meyakini bahwa Sumatera Barat semakin menjadi sebuah destinasi unggulan di Indonesia dan semakin memperkuat posisinya di dalam peta destinasi pariwisata dunia. Dampak event ini secara langsung dapat menaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya Propinsi Sumatera Barat, dan hal ini berpengaruh terhadap peningkatan devisa negara.

811 show 2

Beberapa dampak kuat dari TDS adalah semakin tumbuh suburnya kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif di masyarakat yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, bersepeda di masyarakat semakin lebur menjadi gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Dua hal ini: potensi pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan melalui olahraga sepeda mensinergikan visi dan spirit perhelatan Tour de Singkarak dengan Bank Negara Indonesia, salah satu Badan Usaha Milik Negara di bidang perbankan yang terbesar dan berpengalaman penuh dalam melayani masyarakat Indonesia, seperti yang disampaikan oleh Ibu Nancy Martasuta

Dua program Corporate Community Responsibility (CCR) dari BNI yaitu Kampoeng BNI dan BNI Go Green begitu tercermin dalam Tour de Singkarak, yang merupakan event paduan sport dan tourism.

Tujuan pembentukan “Kampoeng BNI” adalah untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat di suatu kawasan pedesaan melalui pinjaman lunak program kemitraan maupun bantuan dalam rangka capacity building bagi masyarakat di daerah tersebut. Dengan program pemberdayaan ini diharapkan akan berdampak luas terhadap peningkatan derajat hidup masyarakat di sekitar “Kampoeng BNI”. Sementara BNI Go Green menitikberatkan pada upaya-upaya nyata dalam melestarikan alam dan lingkungan hidup.